langsung saja kita mulai.
1. Generasi Pertama (2006-2013)
Honda Vario 110
Spesifikasi
- Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
- Rasio kompresi 10,7 : 1
- Daya maksimum 8,99 PS @ 8.000 rpm
- Torsi maksimum 0,86 kgf.m @ 6.500 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.273 mm
- Dimensi 1.897 x 680 x 1.083 mm
- Kapasitas tangki bensin 3,6 liter
- Berat kosong 99,3 kg
- Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol
- Tipe busi NGK CR7EH-9 atau Denso U22FER9
- Karburator Keihin AVK22
- Sistem pengapian DC-CDI
- Transmisi otomatis Honda V-Matic
2. Generasi Kedua (2009-2013)
Honda Vario Techno 110 (juga dikenal sebagai Click-i di Thailand, mengaplikasikan pengabutan PGM-FI), dengan tampilan baru dan memperkenalkan sistem Combination Brake System disingkat Combi-Brake System atau CBS. CBS adalah sistem pengereman bersamaan dengan otomatis saat rem belakang diaktifkan, CBS tidak aktif saat mengerem hanya dengan rem depan.
Digenerasi kedua ini tampak tampilan Honda Vario lebih sporty dan elegan, digenerasi inilah Honda Vario mulai menjadi idaman bagi para konsumen dan mulai bersaing di pasaran motor Matic di Indonesia.
Spesifikasi
- Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
- Rasio kompresi 10,7 : 1
- Daya maksimum 8,99 PS @ 8.000 rpm
- Torsi maksimum 0,86 kgf.m @ 6.500 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol. Dengan CBS
- Tipe busi NGK CR7EH-9 atau Denso U22FER9
- Karburator Keihin AVK22
- Sistem pengapian DC-CDI
- Transmisi otomatis Honda V-Matic
Generasi Ketiga (2012-2015)
Honda Vario 125
Tidak lama setelah diluncurkan, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Vario Techno 125 dengan Idling Stop System (ISS), sistem yang diperuntukan untuk menghemat bahan bakar, mesin mati secara otomatis setelah 3 detik berhenti. Honda Vario Techno 125 ISS hanya tersedia dengan varian CBS.
Pada akhir 2014, Astra Honda Motor menjadikan CBS sebagai fitur standar. Sehingga, Honda Vario Techno 125 hanya tersedia dalam varian Non-ISS dan ISS, keduanya dilengkapi dengan sistem pengereman CBS.
Di generasi ke tiga inilah bisa dibilang masa kejayaan Honda Vario, dimana Honda Vario 125 dikenal sebagai motor Matic yang irit dengan dibekali dengan CC yang sudah 125CC yang bisa digenjot hingga kecepatan 110 KMPJ. Dari segi penjualanpun Vario 125 bisa dibilang merajai penjualan motor matic yang ada di Indonesia.
Spesifikasi
- Mesin: PGM-FI, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 52,4 × 57,9 mm
- Kapasitas: 124,8 cc
- Rasio kompresi: 11 : 1
- Daya maksimum: 11,3 PS @ 8.500 rpm
- Torsi maksimum: 1,1 kgf.m @ 5.000 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.281 mm
- Dimensi (p x l x t): 1.918 x 689 x 1.103 mm
- Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
- Berat kosong: 112 kg
- Suspensi depan: teleskopik
- Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan: 190 mm cakram hidrolik piston tunggal
- Rem belakang: tromol
- Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR-9
- Throttle Body: Keihin 24 mm dengan Idle Air Control Valve.
- Transmisi: otomatis Honda V-Matic
ACG Starter
Honda Vario Techno 125 dilengkapi starter elektrik dengan menggunakan alternator sebagai pemutar poros mesin. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyala tanpa suara khas starter elektrik dan sebagai jantung teknologi Idling Stop System (ISS) yang juga diaplikasikan pada Honda Vario Techno 125 ISS. Alternator pembangkit arus listrik untuk pengisian baterai digunakan sebagai motor starter, sehingga tidak diperlukan lagi motor starter tambahan seperti yang ditemukan di motor lain pada umumnya. Teknologi ini juga digunakan oleh Honda PCX, dan diaplikasikan pada Honda Beat FI eSP.Generasi kedua Vario 110, Honda Vario FI (2014-sekarang)
Honda Vario FI
Motor Vario F1 bisa juga disebut generasi kedua dari Vario 110 yang sudah dibekali dengan teknologi PGM-F1 yang sudah terbukti keiritanya, berbeda dengan generasi Vario 110 yang pertama yang dikenal boros.
Spesifikasi
- Mesin: PGM-FI, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, berpendingin udara.
- Diameter dan langkah: 50 x 55 mm
- Kapasitas : 108 cc
- Rasio kompresi: 9,2 : 1
- Daya maksimum: 8,52 PS / 8.000 rpm
- Torsi maksimum: 0.89 kgf.m / 6.500 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.256 mm
- Dimensi (p x l x t): 1.888 x 679 x 1.091 mm
- Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 liter
- Berat kosong: 95 kg
- Suspensi depan: teleskopik
- Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan: cakram hidrolik dengan piston tunggal
- Rem belakang: tromol
- Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR-9
- Throttle body: Keihin 22 mm dengan Idle Air Control Valve
- Transimisi: otomatis Honda V-Matic
Generasi Keempat (2015-sekarang)
Pada bulan Januari 2015, Astra Honda Motor memperkenalkan Honda Vario generasi keempat yang memiliki dua pilihan mesin, yaitu All New Honda Vario 150 eSP yg menggunakan mesin 150cc dan All New Honda Vario 125 eSP yg menggunakan mesin 125cc.Digenerasi terbaru Vario ini Honda secara mengejutkan menamba CC Honda Vario dari 125 menjadi 150, hal ini membuat para peminal Honda PCX 150 berfikir ulang untuk melirik Honda Vario 150 yang hampir memiliki kelebihan yang sama dibanding PCX 150. bersamaan dengan diluncurkanya Honda Vario 150, Honda juga meluncurkan generasi kedua dari Honda Vario 125. tampak hampir sama dari segi penampilan dengan Vario 125 generasi pertama, namun memiliki kesamaan dengan Vario 150, diprediksi New Vario125 akan mengulangi kesuksesan Vario 125 generasi pertama.
Spesifikasi All New Vario 150 eSP
- Mesin: PGM-FI, eSP, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 57,3 x 57,9 mm
- Kapasitas: 150 cc
- Rasio kompresi: 10.6 : 1
- Daya maksimum: 9,3 kW @ 8.500 rpm
- Torsi maksimum: 12,8 N.m @ 5.000 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 Tubeless (depan), 90/90-14 Tubeless (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.280 mm
- Dimensi (p x l x t): 1.921 x 683 x 1.096 mm
- Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
- Berat kosong: 109 kg
- Suspensi depan: teleskopik
- Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan: cakram hidrolik piston tunggal
- Rem belakang: tromol dengan sistem pengereman CBS
- Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau ND U22EPR-9
- Transmisi: otomatis Honda V-Matic
Spesifikasi All New Vario 125 eSP
- Mesin: PGM-FI, eSP, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 52,4 x 57,9 mm
- Kapasitas: 124,8 cc
- Rasio kompresi: 11 : 1
- Daya maksimum: 8,3 kW @ 8.500 rpm
- Torsi maksimum: 10,8 N.m @ 5.500 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 Tubeless (depan), 90/90-14 Tubeless (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.280 mm
- Dimensi (p x l x t): 1.921 x 683 x 1.096 mm
- Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
- Berat kosong: 109 kg
- Suspensi depan: teleskopik
- Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan: cakram hidrolik piston tunggal
- Rem belakang: tromol dengan sistem pengereman CBS
- Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau ND U22EPR-9
- Transmisi: otomatis Honda V-Matic
Sumber Refrensi : Wikipedia
Vario di browsur banyak banget. Yang paling bagus ntuk yg mana?
BalasHapusYg bagus vario 150 Mas klau minat bisa hubungan saya Mas
HapusIyq bingung jg nih mas
BalasHapusVario 125 lebih bagus
BalasHapussalken dr HVOC KLATEN
BalasHapusVario techno 125 mantafff
BalasHapusBingung kelebihan vario baru apa ys
BalasHapusKaya nya ada satu jrnis vario yg tdk di sebutkan
BalasHapus